Who's Powering the Housing Market in 2018? Surprise! It's Millennials

Who's Powering the Housing Market in 2018? Surprise! It's Millennials

Tahun 2018 ini, dilansir oleh Property Outlook, bahwa harga properti akan berpeluang naik hingga 5%, sementara suplai hunian berpeluang meningkat hingga 20%. Walaupun masih akan mengalami perlambatan, namun sikap optimisme harus tetap tumbuh untuk berinvestasi pada sektor-sektor properti yang menjanjikan. Untuk sektor-sektor tertentu, seperti perumahan dan apartemen yang merupakan kebutuhan primer, marketnya masih akan cukup baik. Selain itu, properti yang nilainya di bawah Rp 1 miliar, akan lebih diminati oleh pasar Indonesia, khususnya para generasi milenial, sebagai first home buyer,  dan berpotensi untuk terus bertumbuh hingga sepuluh tahun mendatang.

Adapun beberapa faktor yang berkontribusi terhadap membaiknya sektor properti adalah adanya pertumbuhan ekonomi dan terus digalakannya pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas jalan umum serta jalan tol yang melalui kawasan permukiman dan kawasan bisnis (CBD). Dari sisi infrastruktur, dapat dilihat di daerah industri di kawasan timur Jakarta, yang akan diuntungkan dengan keberadaan konstruksi LRT dan jalan layang Cikampek. Selain itu, infrastruktur yang akan mendongkrak harga properti adalah proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung untuk mengurangi penumpukan kendaraan di sepanjang Jalan Tol Jakarta – Cipularang. Selain di wilayah Bodetabek, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan menjadi primadona untuk kegiatan – kegiatan industri sehubungan dengan terjangkaunya harga lahan dan upah tenaga kerja.

Berbagai kebijakan pemerintah ini memberikan dampak yang positif pada optimism terhadap target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2%, dan kondisi ekonomi ini diperkirakan akan stabil hingga akhir tahun apabila pemerintah tetap konsisten dalam menjalankan kebijakan yang berlaku. Namun, disisi suplai, akan terjadi perlambatan pasar properti pada pertengahan 2018 sebagai dampak Hari Raya Idul Fitri serta Pilkada Serentak 2018 mungkin akan terjadi, begitu juga menjelang Pemilu Legislatif & Pemilihan Presiden 2019. Namun situasi politik yang diperkirakan akan memanas selama dua tahun mendatang ini, tak akan menyurutkan langkah para developer untuk bersiap menyongsong siklus puncak properti yang dipredisiksi mulai 2020.

Oleh sebab itu, kita mulailah tahun 2018 ini dengan lebih fokus, semangat, serta antusias untuk memiliki determinasi yang kuat disepanjang tahun agar mendapatkan hasil yang maksimal, karena “When you focus on possibilities, you’ll have more opportunities”.

Happy New Year 2018!